Keutamaan Mempunyai anak Penghafal Quran

Untitled-1

Seorang mukmin memandang kehidupan ini tidak hanya dengan pandangan dunia saja, tapi ia wajib memandangnya dengan pandangan akherat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ [الحشر/18]

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)”

Demikian pula pandangan seorang mukmin terhadap anak yang Allah anugrahkan kepada mereka. kita berfikir bukan hanya sekedar kesuksesan mereka di dunia. Tapi hal yang lebih penting adalah manfaat apa yang akan kita peroleh dari anak kita kelak di akherat.

Salah satu usaha yang menghasilkan harapan bagi kita dari anak kita adalah menghafal quran dan mengamalkannya. Hadis di bawah ini menjelaskan manfaat yang di peroleh orang tua dari mengajarkan anak Quran.

عن معاذ بن أنس الجهني رضي الله عنه أن رسول الله عليه وسلم قال : ( مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَعَمِلَ بِمَا فِيهِ ، أُلْبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، ضَوْءُهُ أَحْسَنُ مِنْ ضَوْءِ الشَّمْسِ فِي بُيُوتِ الدُّنْيَا لَوْ كَانَتْ فِيكُمْ ، فَمَا ظَنُّكُمْ بِالَّذِي عَمِلَ بِهَذَا) سنن أبي داود ج2/ص70 (

Rasulullah saw. Bersabda:”Barang siapa membaca Quran dan mengamalkan isinya , kedua orangtuanya memakai mahkota di hari kiamat. Cahaya mahkota tersebut lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia , seandainya matahari itu ada dalam diri kalian. (kalau itu manfaat untuk kedua orang tuanya) bagaimana manfaat bagi orang yang melakukannya?

وَيُوضَعُ عَلَى رَأْسِهِ تَاجُ الْوَقَارِ ، وَيُكْسَى وَالِدَاهُ حُلَّتَيْنِ لَا يُقَوَّمُ لَهُمَا أَهْلُ الدُّنْيَا ، فَيَقُولَانِ : بِمَ كُسِينَا هَذِهِ ؟ فَيُقَالُ : بِأَخْذِ وَلَدِكُمَا الْقُرْآنَ)  مسند أحمد بن حنبل ج5/ص348

“diletakkan diatas kepalanya mahkota ketenangan, dan kedua orangtuanya dihiasi dengan dua kalung yang tidak ternilai harganya oleh penduduk dunia. Kemudian kedua orangtua tersebut bertanya:”kenapa kami dihiasi dengan dua kalung ini? . dijawab: “karena anakmu mengambil al-Quran”.( membaca, menghafal dan mengamalkannya)

Ya Allah jadikanlah kami orangtua yang mampu mendidik anak kami dengan al-Quran , mengarahkan mereka untuk menghafal al-Quran , dan membimbing mereka untuk mengamalkan Al-Quran.

Wallahu a’lam.

 

Dr. H. M. Taufik Qulazhar Hulaimi, MA.MEd.

Dewan Syariah LAZ Al Bunyan

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *